Majlis Ta'lim & Dzikir

"Hidup Mulia dengan Ilmu dan Amal, Mati Syahid dengan Keridhaan Tuhan"

Sabtu, 08 Desember 2012




PERLUAS DAKWAH ISLAMI LEWAT DUNIA MAYA
Oleh: A. Qomarudin

            Teknologi informasi telah membuka mata dunia akan sebuah jaringan dunia tanpa batas. Disadari atau tidak bahwa perkembangan teknologi yang disebut internet, telah mengubah pola interaksi masyarakat. Kehadiran internet telah memberikan kontribusi yang demikian besar bagi masyarakat, perusahaan, pemerintah dan dunia. Dengan adanya internet telah dapat menunjang efektifitas dan efisiensi sarana komunikasi, publikasi, serta sarana untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Pertumbuhan penggunanya juga semakin hari bertambah besar, maka sudah saatnya dunia pesantren yang sarat akan kajian keilmuan Islam agar mulai untuk melirik dan menjadikannya sebagai sarana dakwah.
            Oleh karena itu, perkembangan teknologi komunikasi yang nyaris tidak ada lagi batasan bagi manusia untuk dapat berkomunikasi kapan saja dan di mana saja, dan perkembangan informasi tidaklah menunggu hari, jam, atau menit, bahkan dalam hitungan detik terdapat ribuan informasi baru di dunia internet. Kemudian sampai detik ini sudah ada berapa persen dari ribuan dan bahkan jutaan pesantren yang ada di Indonesia dapat memanfaatkan kebaikan dunia maya ini dengan baik dan benar sebagai fasilitas dakwah Islami.
            Dalam hal ini, ada beberapa fasilitas internet yang dapat digunakan dai dalam menyebarkan dakwah Islami, di antaranya adalah: website, blogger, facebook, twitter, linkedIn, dan lain-lain. Selain itu, juga ada istilah radio streaming dan video streaming yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan Islami lewat ucapan dan bukan hanya lewat tulisan yang bisa dilakukan dengan beberapa fasilitas internet yang pertama tadi.
            Beberapa hal di atas adalah yang menjadi dasar dilakukannya WORKSHOP TIK MASUK PESANTREN dengan fokus “Konsep Bela Negara Pesantren Berbasis Dakwah Menggunakan Teknologi Informasi Dalam Rangka Menciptakan Masyarakat Indonesia Yang Berakhlaqul Qarimah & Berbudi Pekerti Yang Baik”. Workshop ini dilaksanakan di Pesantren Anwart Taufiq Batu-Malng yang diasuh oleh Habib Ahmad Jamal bin Toha Baagil. Kegiatan ini bekerja sama dengan UPNV Jawa Timur, Majelis Muwassholah, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta didukung oleh PT Telkom Indonesia Tbk Jawa Timur, dan lain-lain.
            Acara ini diikuti oleh beberapa pesantren yang ada di Malang Raya. Kegiatan ini merupakan langkah untuk memajukan informasi dan teknologi di pesantren untuk tujuan dakwah. Hal ini untuk membentengi diri dari informasi Islam yang radikal dan kontekstual, serta menjadi langkah strategi dalam membagikan dunia Islami yang semakin sempit oleh internet. Pelatihan selama 3 hari ini juga sebagai wahana ukhuwah pesantren se-Malang Raya.

0 komentar:

Posting Komentar